Bimtek Penanggulangan Bencana Tentang Desa Tangguh dan Tanggap Bencana;

BIMTEK KEUANGAN

BIMTEK PENANGGULANAGAN BENCANA

Kepada Yth :

  • Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia
  • Sektetariat DPRD, Sekretariat Daerah Se-Indonesia
  • Kepala Dinas, Kantor, Badan Se-Indonesia
  • Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Se-Indonesia
  • Cq. Kabag/Kasubbag, Kabid/Kasubbid Keuangan, Bendahara dan Lainnya. 
  • Di – Tempat

Dengan Hormat,

Masyarakat yang berada di desa/kelurahan adalah penerima dampak langsung dari bencana, dan sekaligus sebagai pelaku pertama dan langsung yang akan merespon bencana disekitarnya. Masyarakat yang tangguh bencana ialah masyarakat yang mampu mengantisipasi dan meminimalisir kekuatan yang merusak, melalui adaptasi. Mereka juga mampu mengelola dan menjaga struktur dan fungsi dasar tertentu ketika terjadi bencana. Dan jika terkena dampak bencana, mereka akan dengan cepat bisa membangun kehidupannya menjadi normal kembali atau paling tidak dapat dengan cepat memulihkan diri secara mandiri.
Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, ada 16 prinsip yang mendasari pelaksanaan program ini. Prinsip-prinsip tersebut ialah: a) Bencana adalah urusan bersama. b) berbasis Pengurangan Risiko Bencana. c)Pemenuhan hak masyarakat. d) Masyarakat menjadi pelaku utama. e) Dilakukan secara partisipatoris. f) Mobilisasi sumber daya lokal. g) Inklusif. h) Berlandaskan kemanusiaan. i) Keadilan dan kesetaraan gender. j) Keberpihakan pada kelompok rentan. k) Transparansi dan akuntabilitas. l) Kemitraan. m) Multi ancaman. n) Otonomi dan desentralisasi pemerintahan. o) Pemaduan ke dalam pembangunan berkelanjutan. p) Diselenggarakan secara lintas sektor
Indikator Program Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, sesuai dengan Peraturan Kepala BNPB No. 1 Tahun 2012  sebanyak 20 indikator yang tercakup dalam enam komponen, yaitu Legislasi (kebijakan/Peraturan Desa/Kelurahan tentang penanggulangan bencana), perencanaan (Rencana penanggulangan bencana, rencana aksi komunitas dan rencana kontijensi/evakuasi), kelembagaan (forum Pengurangan risiko bencana, relawan penanggulangan bencana, kerjasama antar wilayah), pendanaan (dana untuk pengurangan risiko bencana, dana tanggap darurat), peningkatan kapasitas (pelatihan untuk pemerintah desa, pelatihan untuk tim relawan, pelatihan untuk warga desa, pelibatan/partisipasi warga desa dan pelibatan perempuan dalam tim relawan).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara bimtek penanggulangan bencana alam maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di bidang penanggulangan bencana alam.

Atas perhatiannya PKK-PEMDA mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Penanggulangan  Bencana Alam 2019

Januari Februari Maret
Selasa – Rabu Jumat – Sabtu Selasa – Rabu
01 – 02  Jan  2019 01 – 02  Feb  2019 01 – 02  Mar  2019
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jumat – Sabtu
04 – 05  Jan  2019 05 – 06  Feb  2019 04 – 05  Mar  2019
Selasa – Rabu Jumat – Sabtu Selasa – Rabu
08 – 09  Jan  2019 08 – 09  Feb  2019 08 – 09  Mar  2019
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jumat – Sabtu
13 – 14    Nov  2018 12 – 13  Feb  2019 11 – 12  Mar  2019
Selasa – Rabu Jumat – Sabtu Selasa – Rabu
15 – 16  Jan  2019 15 – 16  Feb  2019 15 – 16  Mar  2019
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jumat – Sabtu
18 – 19  Jan  2019 19 – 20  Feb  2019 18 – 19  Mar  2019
Selasa – Rabu Jumat – Sabtu Selasa – Rabu
22 – 23  Jan  2019 22 – 23  Feb  2019 22 – 23  Mar  2019
Jumat – Sabtu Selasa – Rabu Jumat – Sabtu
25 – 26  Jan  2019 26– 27  Feb  2019 25 – 26  Mar  2019
Selasa – Rabu Selasa – Rabu
29 – 30  Jan  2019 29 – 30  Mar  2019
TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK
N0  HOTEL KOTA
1 OASIS AMIR JAKARTA
2 IBIS TRANS STUDIO BANDUNG
3 EDEN KUTA BALI
4 ABADI JOGJA YOGYAKARTA
5 NAGOYA PLASA BATAM
6 GOLDEN PALACE LOMBOK
7 IBIS CITY CENTER MAKASSAR
8 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
9 ARIA GAJAYANA MALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran :

  1. Tlp/Fax : 021 352 4355
  2. HP/WA : Faisal : 0813 357 44 271
  3. HP/WA : Fitri : 0852 8965 3299
  4. Email : pusdiklat.kemdagri@gmail.com

Pusdiklat Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *